TUGAS
SENSOR DAN TRANDUCER
PRESSURE
SENSOR
OLEH
NAMA
NIM/BP
Rozali 1102532/2011
PENDIDIKAN
TEKNIK OTOMOTIF
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS
NEGERI PADANG
2011
SENSOR
TEKANAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
SensorTekanan (pressure sensor)
Sensor
tekanan digunakan untuk mengukur seperti
:
1.
Tekanan intake manifold menggunakan sensor MAP,
2.
Tekanan atmosfer menggunakan sensor BPS,
3.
Tekanan uap dalam tangki bahan bakar menggunakan
sensor VPS. dll.
Meskipun lokasinya berbeda-beda, dan tekanan
yang diukur bervariasi, namun prinsip-prinsip kerjanya hampir sama.
1.
Manifold Absolute Pressure
(MAP) Sensor
Di dalam
Manifold Absolute Pressure (MAP) sensor terdapat sebuah chip silikon yang fungsinya adalah sebagai tekanan
referensi.Tekanan referensi ini tergantung pada aplikasi
sensor itu sendiri baik dalam keadaan vakum sempurna atau tekanan yang dikalibrasi, Di sisi lain sisi tekanan ini akan
diukur.resistansi Chip silikon akan berubah apabila tekanan juga berubah . Ketika flexes chip
silikon berubah dengan
perubahan tekanan, maka resistansi
listrik pada chip juga
berubah. Perubahan
resistansi ini akan mengubah sinyal tegangan.lalu ECM akan membaca sinyal
tegangan sebagai tekanan dan perubahan dalam sinyal tegangan yang berarti ada
perubahan dalam tekanan.
Tekanan intakemanifold berhubungan
langsung dengan beban mesin. maka ECM perlu
mengetahui asupan tekanan manifold untuk menghitung berapa banyak bahan
bakar yang diinjeksikan, kapan harus
menyalakan silinder, dan fungsi lainnya.
Sensor MAP biasanya terletak di intake
manifold atau diatas kompartemen mesin
dan terhubung ke intake manifold dengan selang vakum.Jika selang vakum
tidak tersumbat atau kusut maka slang dapat beroperasi dengan baik.
Sensor MAP menggunakan vakum sempurna sebagai tekanan referensi. Perbedaan
tekanan antara tekanan vakum dan tekanan intake manifold akan
menyebabkan berubahnya sinyal
tegangan.lalu MAP sensor
mengkonversi intake manifold tekanan menjadi sinyal tegangan (PIM).
Sinyal tegangan Sensor MAP meningkat ketika intake manifold bertekanan tinggi
(pengapian tertinggi tombol ON, mesin dimatikan atau ketika throttle tiba-tiba
dibuka). sinyal tegangan Sensor MAP terendah saat intake manifold bertekanan
terendah pada saat throttle tertutup
dengan perlahan .
MAP Sensor Diagnosis
Sensor MAP dapat menyebabkan berbagai masalah jika tidak ada, karena sensor
ini adalah sebuah sensor penting untuk injeksi bahan bakar dan waktu pengapian.
pemeriksaan visual sensor:
a.
Selang vakum harus bebas dari kekusutan, kebocoran, hambatan dan harus terhubung ke port yang tepat.
b.
VC (VCQ kawat perlu memasok sekitar 5 volt ke sensor
MAP. Kawat tanah E2
seharusnya tidak memiliki hambatan apapun.
c.
Sensor kalibrasi dan kinerja diperiksa dengan
menerapkan tekanan yang berbeda dan membandingkan dengan spesifikasi tegangan
drop. Tegangan drop dihitung dengan mengurangi tegangan PIM dari tegangan VC.dll.
2.
Sensor Tekanan barometric
Sensor Tekanan barometric , kadang-kadang disebut juga dengan High Altitude Compensator (HAC), mengukur
tekanan atmosfer. Tekanan atmosfer bervariasi dengan cuaca dan ketinggian. Di
ketinggian udara kurang padat, oleh karena itu, memiliki tekanan kurang. Selain
itu, cuaca merubahan tekanan udara. Sensor ini beroperasi sama dengan sensor
MAP kecuali bahwa ia mengukur tekanan atmosfer .Hal ini terletak di dalam ECM
Jika rusak, seluruh ECM harus diganti.
3.
Turbocharging Sensor Tekanan
Sensor tekanan turbocharging beroperasi identik ke sensor MAP dan digunakan
untuk
mengukur
tekanan intake manifold. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa ketika ada tekanan
meningkatkan, sinyal tegangan berjalan lebih tinggi dari pada disedot mesin
alami.
4.
Vapor Pressure Sensor
Sensor Tekanan uap (VPS) berfungsi
untuk mengukur tekanan uap dalam emisi sistem kontrol. Sensor Tekanan uap bisa terdapat pada tangki
bahan bakar, di dekat arang tabung perakitan, atau di lokasi terpencil.
Sensor ini menggunakan sebuah chip silikon dengan tekanan referensi
dikalibrasi pada satu sisi chip, sisi lain dari chip terkena uap tekanan.
Perubahan tekanan uap menyebabkan
chip untuk
flex dan bervariasi sinyal tegangan ke ECM. Sinyal tegangan keluar tergantung
pada perbedaan antara tekanan atmosfer dan tekanan uap. Seperti meningkatkan
tekanan uap,
meningkat
sinyal tegangan. Sensor ini sensitif terhadap tekanan perubahan sangat kecil
(1.0
psi = 51.7 mmHg). (1,0 psi = 51,7 mmHg).
sensor tekanan uap datang dalam berbagai konfigurasi. Bila VPS dipasang
langsung pada unit pompa bahan bakar, tidak ada selang yang diperlukan. Untuk
lokasi terpencil, mungkin ada satu atau dua selang terhubung ke VPS. Jika VPS
menggunakan satu selang, selang dihubungkan ke uap tekanan. Dalam konfigurasi
selang dua, satu selang disambungkan ke uap tekanan, yang lain selang tekanan
atmosfer. Yang terpenting adalah bahwa selang tersambung ke hubungannya. Jika
mereka dibalik, DTCs akan ditetapkan.
VPS
Diagnosis
Periksa semua selang untuk koneksi yang tepat, pembatasan, dan kebocoran.
Periksa VC dan tegangan E2. Terapkan tekanan tertentu dan membaca tegangan
output sensor. Sensor Tekanan uap dikalibrasi untuk tekanan yang ditemukan
dalam sistem EVAP, sehingga hanya berlaku bila jumlah yang ditentukan bisa
mencegah merusak sensor.
Kesimpulan :
Jadi, Sensor tekanan sangat erat hubungannya
dengan temperatur,suhu,uap,dan tekanan lainnya.Semua sensor
pada prinsipnya dikendalikan oleh ECM atau
ECU begitu juga dengan sensor tekanan ini. Sensor yang sangat penting
sekali pada sistem pressure sensor ini adalah sensor Manifold absolute Pressure
(MAP),karena sensor ini berkaitan dengan penginjeksian bahan bakar dan waktu
pengapian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar