Senin, 16 Juli 2012

sensor tekanan



TUGAS SENSOR DAN TRANDUCER


PRESSURE SENSOR


34061Edit 1.jpg








OLEH

NAMA                               NIM/BP
Rozali                                  1102532/2011



PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2011
SENSOR TEKANAN











Sensor
MAP
 

Sensor TekananBarometrik

 

Sensor tekanan uap
 

Sensor tekanan turbocharger
 





                                          










Tekanan intake manifold
 

Tekanan
atsmofir
 

Sisitem tekanan evaporator
 

Tekanan intake manifold
 
 








SensorTekanan (pressure sensor)

Sensor tekanan  digunakan untuk mengukur seperti :
1.      Tekanan intake manifold menggunakan sensor MAP,
2.      Tekanan atmosfer menggunakan sensor BPS,
3.      Tekanan uap dalam tangki bahan bakar menggunakan sensor VPS. dll.
 Meskipun lokasinya berbeda-beda, dan tekanan yang  diukur bervariasi, namun  prinsip-prinsip kerjanya hampir sama.



1.       Manifold Absolute Pressure (MAP) Sensor

Di dalam Manifold Absolute Pressure (MAP) sensor terdapat sebuah chip silikon yang fungsinya adalah sebagai tekanan referensi.Tekanan referensi ini tergantung pada aplikasi sensor itu sendiri baik dalam keadaan vakum sempurna atau tekanan yang  dikalibrasi, Di sisi lain sisi tekanan ini akan diukur.resistansi Chip silikon akan berubah apabila tekanan juga berubah . Ketika flexes chip silikon berubah dengan perubahan tekanan, maka resistansi listrik pada chip juga berubah. Perubahan resistansi ini akan  mengubah sinyal tegangan.lalu ECM akan membaca sinyal tegangan sebagai tekanan dan perubahan dalam sinyal tegangan yang berarti ada perubahan dalam tekanan.

Tekanan intakemanifold  berhubungan langsung dengan beban mesin. maka  ECM perlu mengetahui asupan tekanan manifold untuk menghitung berapa banyak bahan bakar  yang diinjeksikan, kapan harus menyalakan silinder, dan  fungsi lainnya. Sensor MAP biasanya terletak  di intake manifold atau diatas  kompartemen mesin dan terhubung ke intake manifold dengan selang vakum.Jika selang vakum tidak tersumbat atau kusut maka slang dapat beroperasi dengan baik.



Sensor MAP menggunakan vakum sempurna sebagai tekanan referensi. Perbedaan tekanan antara tekanan vakum dan tekanan intake manifold akan menyebabkan berubahnya sinyal tegangan.lalu MAP sensor mengkonversi intake manifold tekanan menjadi sinyal tegangan (PIM).

Sinyal tegangan Sensor MAP meningkat ketika intake manifold bertekanan tinggi (pengapian tertinggi tombol ON, mesin dimatikan atau ketika throttle tiba-tiba dibuka). sinyal tegangan Sensor MAP terendah saat intake manifold bertekanan terendah pada saat  throttle tertutup dengan perlahan .



MAP Sensor Diagnosis
Sensor MAP dapat menyebabkan berbagai masalah jika tidak ada, karena sensor ini adalah sebuah sensor penting untuk injeksi bahan bakar dan waktu pengapian.

pemeriksaan visual sensor:
a.       Selang vakum harus bebas dari kekusutan, kebocoran, hambatan dan harus terhubung ke port yang tepat.


b.      VC (VCQ kawat perlu memasok sekitar 5 volt ke sensor MAP. Kawat tanah E2
       seharusnya tidak memiliki hambatan apapun.

c.       Sensor kalibrasi dan kinerja diperiksa dengan menerapkan tekanan yang berbeda dan membandingkan dengan spesifikasi tegangan drop. Tegangan drop dihitung dengan mengurangi tegangan PIM dari tegangan VC.dll.



2.       Sensor Tekanan barometric

Sensor Tekanan barometric , kadang-kadang disebut juga dengan  High Altitude Compensator (HAC), mengukur tekanan atmosfer. Tekanan atmosfer bervariasi dengan cuaca dan ketinggian. Di ketinggian udara kurang padat, oleh karena itu, memiliki tekanan kurang. Selain itu, cuaca merubahan tekanan udara. Sensor ini beroperasi sama dengan sensor MAP kecuali bahwa ia mengukur tekanan atmosfer .Hal ini terletak di dalam ECM Jika rusak, seluruh ECM harus diganti.

3.       Turbocharging Sensor Tekanan

Sensor tekanan turbocharging beroperasi identik ke sensor MAP dan digunakan untuk
mengukur tekanan intake manifold. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa ketika ada tekanan meningkatkan, sinyal tegangan berjalan lebih tinggi dari pada disedot mesin alami.

4.       Vapor Pressure Sensor

Sensor Tekanan uap (VPS)  berfungsi untuk mengukur tekanan uap dalam emisi sistem kontrol.  Sensor Tekanan uap bisa terdapat pada tangki bahan bakar, di dekat arang tabung perakitan, atau di lokasi terpencil.

Sensor ini menggunakan sebuah chip silikon dengan tekanan referensi dikalibrasi pada satu sisi chip, sisi lain dari chip terkena uap tekanan. Perubahan tekanan uap menyebabkan
chip untuk flex dan bervariasi sinyal tegangan ke ECM. Sinyal tegangan keluar tergantung pada perbedaan antara tekanan atmosfer dan tekanan uap. Seperti meningkatkan tekanan uap,
meningkat sinyal tegangan. Sensor ini sensitif terhadap tekanan perubahan sangat kecil
(1.0            psi = 51.7 mmHg). (1,0 psi = 51,7 mmHg).

sensor tekanan uap datang dalam berbagai konfigurasi. Bila VPS dipasang langsung pada unit pompa bahan bakar, tidak ada selang yang diperlukan. Untuk lokasi terpencil, mungkin ada satu atau dua selang terhubung ke VPS. Jika VPS menggunakan satu selang, selang dihubungkan ke uap tekanan. Dalam konfigurasi selang dua, satu selang disambungkan ke uap tekanan, yang lain selang tekanan atmosfer. Yang terpenting adalah bahwa selang tersambung ke hubungannya. Jika mereka dibalik, DTCs akan ditetapkan.


VPS Diagnosis
Periksa semua selang untuk koneksi yang tepat, pembatasan, dan kebocoran. Periksa VC dan tegangan E2. Terapkan tekanan tertentu dan membaca tegangan output sensor. Sensor Tekanan uap dikalibrasi untuk tekanan yang ditemukan dalam sistem EVAP, sehingga hanya berlaku bila jumlah yang ditentukan bisa mencegah merusak sensor.


Kesimpulan :

            Jadi, Sensor tekanan sangat erat hubungannya dengan temperatur,suhu,uap,dan tekanan lainnya.Semua sensor pada prinsipnya dikendalikan oleh ECM atau  ECU begitu juga dengan sensor tekanan ini. Sensor yang sangat penting sekali pada sistem pressure sensor ini adalah sensor Manifold absolute Pressure (MAP),karena sensor ini berkaitan dengan penginjeksian bahan bakar dan waktu pengapian.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar